Rindu Jajanan SD

Anjar Sri Palupi
3 min readMay 24, 2022

--

Halo sohabat!

Tidak terasa sudah memasuki hari ke dua puluh empat tantangan #31HariMenulis. Tinggal satu minggu lagi, yuk bisa yuk…

Kali ini aku mau sedikit cerita tentang kerinduanku terhadap makanan sd. Makanan sd yang seperti apa? yang bagaimana? Kenapa kok rindu?

zuzur…

aku merindukan jajanan esde seperti sundukan mendoan, gulali, bola-bola mi, es buah soklat, pangfut, es warna warni, es potong, empek-empek, cilor maklor, serta pentol. Semenjak lulus dari sekolah, aku jarang menemukan jajanan-jajanan tersebut karena di daerah rumahku ga ada yang jual hiks. Hanya pentol, empek-empek, dan cilorlah jajanan esde yang masih bisa kujangkau sampai sekarang. Begitupun saat di kos, aku malah baru menemukan abang-abang penjual jajanan esde pentol dan cilor saja. Selain itu, aku belum menemukan. Mungkin jajanan-jajanan esde tersebut terlihat sepele dan semuanya bisa dibuat sendiri. Namun, kisah dibalik itulah yang membuat aku merindukannya:(

Jajanan esde waktu masih di sekolah dasar.

Ada sundukan mendoan, gulali, dan es buah soklat. Setiap jajanan tersebut mengingatkanku dengan setiap cerita yang berbeda. Sundukan mendoan, aku membelinya setiap pagi tepat di gerbang depan sd ku dahulu. Dengan harga 1,5k aku bisa menikmati sesunduk mendoan isi tiga yang cukup untuk mengganjal perutku. Aku menikmatinya setiap pagi di musim hujan di depan ruang kelas 5, kelasku dahulu. Benar-benar suasana yang pas untuk menikmati mendoan hangat. Pokoknya gabisa dijelasin dengan kata-kata. Namun, entah kenapa baru beberapa minggu jualan, penjual jajanan ini sudah tidak nampak lagi di depan gerbang sdku. Jujur, aku kangen sundukan mendoan itu sampe sekarang:). Lanjut, yang kedua adalah jajanan gulali. Gulali ini adalah gulali suwir. Jadi ada gulali terus dibaluri semacam tepung begitu terus di suwir-suwir sampai membentuk suiran. Rasanaya nagih dan harganya murah. Dengan modal 1k, aku bisa menikmati gulali suwir ini setiap pagi. Terakhir aku makan gulali suwir ini waktu aku kelas lima SD. Setelah itu penjualnya sudah ga jual di area sdku lagi, hiks. Penjualnya ramah dan baik sekali kepadaku. Aku sering diajak cerita ketika aku membeli jajananya dan aku juga sering dikasih bonus jajanan, hiks kangen. Yang ketiga ada es buah soklat. Ini adalah buah yang disunduk kemudian dicelup coklat lalu didinginkan. Makanan ini sempat viral di sdku karena cukup unik. Ini adalah makanan favorit teman-temanku saat bel istirahat kedua berbunyi. Jujur, uang sakuku selalu habis di istirahat kedua ini. Jadi, terkadang aku harus menahan untuk tidak boros saat istirahat pertama. Dengan begitu, aku bisa menyisihkan uangku untuk membli es buah soklat ini di isitirahat kedua. Saking penasarannya sama es buah soklat ini, aku dulu sempat stalking penjualnya dan aku menemukan rumahnya:D. Jadi, aku bisa membeli jajanan ini setiap aku ingin karena rumahnya dekat dengan daerahku. Namun, sayang seribu sayang, saat kelas enam esde penjualnya ga jualan lagi:(

Jajanan waktu esempe alias Sekolah Menengah Pertama.

Ada pangfut, es warna warni, serta es potong. Pangfut adalah jajanan juara saat pulang sekolah! jajanannya enak, rasanya bervariasi, dan harganya terjangkau. Pangfut ini adalah makanan pangsit yang diisi tepung di dalamnya kemudian digoreng dan biberi bumbu. Jajanan favorit waktu kelompokan di sekolah! Nah, jajanan selanjutnya adalah pasangan dari pangfut ini, yaitu es warna warni. Es ini merupakan es susu yang berwarna, warnanya berasal dari warna sirup, seingetku ada warna merah untuk stroberi dan warna hijau untuk melon. Dulu waktu aku smp, membeli seperangkat jajanan ini (pangfut dan es warna-warni) merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri karena dengan membeli itu, energiku serasa ter recharge kembali. Aku siap kelompokkan! Trus masuk ke jajanan ketiga ada es potong. Terakhir aku membeli es potong waktu aku smp, tepat di depan rumah tetanggaku. Aku masih kelas 1 smp mungkin saat itu atau bahkan sd(?) pokoknya seingetku penjualnya membawa gerobak warna biru dengan mengayuh sepeda dari barat ke timur jalan depan rumahku. Aku dibelikan banyak es oleh babeku, kalo tidak salah empat potong es.

Jajanan esde tapi pas esemka.

Waktu esemka, sistem sekolahnya udah 5 hari kerja. Jadi, pulangnya selalu sore hari dengan istirahat kedua setelah dzuhur. Dulu saat esemka, setiap hari jumat istirahat kedua, gerbang utama sekolah selalu dibuka untuk jalan lewat para siswa melaksanakan jumatan. Nah, saat para siswa keluar jumatan, disitulah para siswi keluar beli jajan:D setiap hari jumat istirahat kedua, bola bola mi menjadi salah satu jajanan favoritku. Ibuknya juga sering memberikan aku bonus dan terkadang suka mendahulukanku saat antri, baik sekali. Rasa bola bola minya enak, gurih, dan terjangkau, dabes! Sampe sekarang, aku belum menemukan bola bola mi seenak bola bola mi di esemka dulu.

Begitulah sedikit flashback cerita tentang jajanan esde, esempe, dan esemka ku. Aku harap aku bisa menemukan jajanan-jajanan esde yang hilang.

Terima kasih sudah mau membaca sampai akhir:D semoga harimu menyenangkan…

--

--